Syair

 

 

{\sf Jika \, banyak \, tidur, \, bangunkan \, aku}

{\sf Karena \, umur \, dikurangi \, oleh \, tidur}

{\sf Jika \, banyak \, makan, \, peringatkanlah \,aku}

{\sf Karena \, hati \, dirusak \, oleh \, makanan}

{\sf Jika \, banyak \, bicara, \, jadikan \, aku \, diam}

{\sf Karena \, agama \, dirusak \, oleh \, ucapan}

{\sf Jika \, banyak \, uban, \, sadarkanlah \, aku}

{\sf Karena \, uban \, kan \, diikuti \, kematian}

 

 

Ini ditulis oleh Al-Barwasawi, di dalam Tanwir Al-Adzhan. Dia menulis syair seperti tersebut, “Jika banyak tidur, bangunkan aku. Karena umur dikurangi oleh tidur. Jika banyak makan, peringatkanlah aku. Karena hati dirusak oleh makanan. Jika banyak bicara, jadikan aku diam. Karena agama dirusak oleh ucapan. Jika banyak uban, sadarkanlah aku. Karena uban ‘kan diikuti kematian.”

 

Tanwir Al-Adzhan min Tafsiri Ruh Al-Bayan, 2/ 385

 

 

Sungguh sangat menyentuh gubahan syair yang ditulis oleh Al-Barwasawi. Ini bisa menjadi suatu kalimat yang bisa menggugah kita untuk menjadi lebih baik dan terus menjadi lebih baik.

 

Jangan banyak tidur, jangan banyak makan dan jangan banyak bicara.

Jangan banyak tidur, jangan banyak makan dan jangan banyak bicara.

Jangan banyak tidur, jangan banyak makan dan jangan banyak bicara.

 

Ingat itu!

 

Sedikit menegaskan. Banyak bicara yang dimaksudkan adalah berbicara yang tidak bermanfaat. Bicara seperlunya saja. berbicara yang baik. Jangan banyak makan bukan berarti kita harus lapar. Kalian sendiri pasti sudah memahami dengan benar apa maksud dari syair tersebut.

 

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Syair

Tinggalkan Balasan

