Masih saja

 

Pernahkan kita membuang sampah sembarangan? Pernahkah kita membuang sampah pada tempatnya? Berapa persenkah perbandingan kita membuang sampah sembarangan dengan membuang sampah pada tempatnya? Hanya kita sendiri yang bisa menjawab.

Membuang sampah sembarangan adalah hal yang tidak baik. Apalagi membuang sampah sembarangan itu juga meresahkan orang lain.

Tulisan ini saya tuliskan setelah mendapatkan kejadian ini berkali-kali. Apa itu?

 

Membuang sampah ketika sedang berkendara.


Apakah kalian pernah melihat orang membuang sampah ketika sedang berkendara? Ataukah kita sendiri yang membuangnya?

Inilah yang paling meresahkan. Sudah buangnya sembarangan, di tengah jalan, lalu mengenai orang yang ada di belakangnya. Sungguh sangat menjengkelkan bukan.

Saya adalah mahasiswa yang setiap minggu pulang pergi dari Malang – Pandaan. Rumah saya di Pandaan. Setiap pulang ke Pandaan atau pergi ke Malang, selalu ada orang yang melakukan hal ini. Entah itu mobil maupun motor. Dari bungkus permen sampai bungkus makanan snack besar. Sampai kena pengendara di belakangnya ataupun terlindas kendaraan di belakangnya.

Macam-macam sampah yang pernah saya temui yaitu puntung rokok, bungkus permen, tissue, bungkus snack besar,  botol minuman, dan bungkusan kresek kecil yang isinya saya tidak mengetahuinya. Selama ini yang saya temui hanyalah itu. Belum pernah melihat orang membuang radio tape ataupun membuang dompet. Hehehe.

 

Paling sering saya temui adalah orang yang membuang bungkus permen. Dan yang paling sering membuangnya adalah orang yang berkendara mobil. Ini sudah berkali-kali saya temui dan  rasanya ingin menabrak mobil itu saja. Ingin sekali mengambil bungkus itu dan memasukkan lagi ke dalam mobil. Sangat menjengkelkan. Apakah tidak bisa memakan bungkusnya juga? Apakah tidak ada tempat sampah di dalam mobil? Mungkin juga karena saya iri karena tidak punya apa itu yang namanya mobil. Hehe.

Jika dihitung-hitung, kendaraan angkutan umum yang sering melakukan hal ini, disusul dengan kendraan pribadi (mobil pribadi), dan kemudian motor. Bungkus yang dibuang paling tinggi adalah bungkus permen, lalu puntung rokok, tissue, dan lain-lain. Ada juga mobil plat merah yang saya temui waktu itu. Membuang bungkus makanan dari bagian kanan mobil. Hampir saja waktu itu mengenai saya.

 

Sudah gak jaman lagi membuang sampah sembarangan seperti itu. Saya berharap sudah tidak ada orang yang seperti ini. Sudahlah, jangan membuang sampah ke jalanan ketika sedang berkendara. Sangatlah berbahaya.

Pak polisi, berikan saja hukuman untuk orang-orang yang seperti itu. Semoga saja saya, keluarga dan teman maupun pembaca bukan orang yang seperti itu.

 

Salam kebersihan lingkungan.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

